Visi
Menjadi Lembaga pendidikan penerbangan kelas dunia yang professional dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di industri jasa penerbangan nasional maupun internasional dibidang pelayanan lalu lintas udara dalam memberikan pelayanan yang baik kepada maskapai semua penerbangan, mengatur jalannya lalu lintas di udara serta keselamatan di dunia penerbangan.
Misi
- Meningkatkan keefektifan sistem, manajemen organisasi, dan sumber daya Program Studi Lalu Lintas Udara Politeknik Penerbangan Surabaya untuk mewujudkan lembaga yang unggul dalam pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penyediaan informasi di bidang lalu lintas udara;
- To implement effective and efficient learning programs to produce high quality of graduates in air traffic, good ethics, and active in building their surrounding, both at the regional, national, and international levels;
- To provide some research in air traffic services for developing science and technology, produce an innovative, visionary, insightful, and monumental;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan, memasyarakatkan, serta memberikan layanan informasi iptek di bidang lalu lintas udara.
Tujuan Umum
At the end of the education, participants are expected to be able to work professionally in air traffic control for the benefit of the Civil Aviation sub-sector with suitability and personality coherence, science and skills (education), creative skills (research), the behavior of work and social life (community service) to support aviation safety and able to keep up the development of science, legislation, and technology according to Pancasila and The 1945 State Constitution of the Republic of Indonesia.
Tujuan Khusus
- To perform air traffic controls, both ground to ground and ground to air, on complex conditions within the region’s responsibility;
- Memecahkan masalah pada situasi-situasi tertentu dengan tanggung jawab mandiri pada tingkatan yang telah ditentukan;
- Melaksanakan tugas operator penerbangan secara aman dan efisien dalam ruang udara yang menjadi tanggung jawabnya;
- Melaksanakan pengendalian Lalu Lintas Udara dalam pengendalian lalu lintas di Aerodrome Control Procedure (TWR), Approach and Area Control Procedure dalam wilayah ruang udara yang menjadi tanggung jawab serta kompetensi penunjang lainnya dibidang LLU;
- Meningkatkan peran serta aktif program studi lalu lintas udara dalam pengembangan profesionalisme dan kompetensi pemanduan lalu lintas udara untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan pelayanan sekarang maupun masa yang akan datang dengan mengoptimalkan peran serta kerjasama yang baik secara nasional dan internasionaldi bidang penerbangan melalui peran aktif dalam organisasi profesi (IATCA).
KURIKULUM PROGRAM STUDI DIPLOMA III LALU LINTAS UDARA (LLU)
Kompetensi
Kompetensi Utama Lulusan
- Menguasai teori dan praktis cara memandu pesawat di sekitar bandar udara;
- Memiliki kemampuan untuk identifikasi, formulasi, dan menyelesaikan masalah teknis di bidang penerbangan;
- Menjadi tenaga ahli di bidang pemanduan lalu lintas udara yang mampu melaksanakan pemanduan lalu lintas udara yang menggunakan procedural control (Non Radar) di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya;
- Mampu bekerjasama dengan ATS unit lainnya yang terkait dengan bidang lalu lintas penerbangan;
- Mampu berkomunikasi yang efektif dan efisien sesuai dengan standar prosedur ICAO;
- Dapat menjadi pemandu lalu lintas yang handal dan profesional, serta mampu mengembangkan keahlian diri di lingkungan kerjanya;
- Mempunyai kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya yang berfokus pada keselamatan lalu lintas udara;
- Menerapkan etika dan moral serta perilaku profesional dalam melakukan pemanduan lalu lintas udara;
- Dapat berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah dalam melakukan pelayanan lalu lintas udara.
Kompetensi Pendukung Lulusan
- Menguasai teori dan praktis cara memandu pesawat di sekitar bandar udara;
- Mampu mengelola pelayanan lalu lintas udara dengan dasar kompetensi pendukung keahlian leadership, kesamaptaan, budaya dan keselamatan kerja, keahlian dan kemampuan berbahasa inggris dengan level 4 (ICAO Language Profeciency);
- Lulusan diharapkan memiliki kompetensi pendukung pelayanan lalu lintas udara dengan menerapkan manajemen dan teknologi informasi dan sistem automatisasi dalam pelayanan lalu lintas udara;
- Lulusan diharapkan dapat memberikan pelayanan lalu lintas udara yang safety dan aman dengan dasar kompetensi pendukung safety management system.
Kompetensi Lainnya / Pilihan Lulusan
- Memiliki komitmen terhadap kualitas, tepat waktu, dan melakukan penyempurnaan secara kontinyu;
- Mampu menjadi praktisi pemandu lalu lintas udara yang mengembangkan pelayanan lalu lintas udara sesuai dengan situasi di daerah pelayanan masing-masing.
PERSYARATAN PESERTA D.III LALU LINTAS UDARA (LLU)
- The minimum education level is High School/Islamic High School graduate (Natural/Social Science Major) or Vocational High School graduate with majoring such as Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Automotive Engineering, Computer Electronics Engineering/Informatics and Aviation.
- Physically and mentally healthy, drug-free, not color blind, no tattoo. (Proven by a certificate from a government doctor)
- Berkelakuan baik (Dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian/SKCK).
- Memiliki nilai raport minimal 7 untuk mata pelajaran Bahasa inggris dan matematika.
ADC Lab Manual
Lab. ADC Manual adalah Lab untuk Program Studi Lalu Lintas Udara berupa miniatur layout aerodrome Control yang memiliki fungsi melatih taruna lalu lintas udara mengatur pesawat udara di vicinity of aerodrome. Laboratorium ini memiliki kapasitas 30 taruna dan 3 Instruktur/ Dosen.
ATC Simulator ARTMACS
Laboratorium ATC Simulator merupakan sarana yang digunakan oleh para taruna diploma 3 Lalu lintas udara dan diploma 3 Komunikasi Penerbangan untuk praktikum berbasis komputerisasi di unit aerodrome control tower dan aerodrome flight information services. Laboratorium ini memiliki kapasitas 30 taruna, 3 Instruktur/Dosen Controller dan 2 Instruktur/Dosen Pilot.
APP/ACC Procedural
Laboratorium APP/ACC Procedural merupakan lab yang berupa Route Chart Penerbangan pada Desk Control yang berfungsi melatih taruna lalu lintas udara mengatur pesawat udara di Control Zone. Laboratorium ini berkapasitas 30 taruna dan 4 Instruktur/Dosen.
APP Surveillance
Laboratorium APP/ACC Procedural merupakan lab yang berupa Route Chart Penerbangan pada Desk Control yang berfungsi melatih taruna lalu lintas udara mengatur pesawat udara di Control Zone. Laboratorium ini berkapasitas 30 taruna dan 4 Instruktur/Dosen.