Program Studi D3 Lalu Lintas Udara merupakan salah satu Program Studi Diploma khusus di bidang penerbangan yang mempelajari tentang manajemen Lalu Lintas Udara dan Pemanduan Lalu Lintas Udara. Studi D3 Lalu Lintas Udara didirikan pada tanggal 10 Maret 2016 dengan Nomor SK pendirian program studi No. 123/KPT/2016. Program Studi D3 Lalu Lintas Udara mendapatkan peringkat akreditasi B dengan kode program studi 39404 sesuai Nomor SK BAN-PT No. 002/BANPT/Ak-X/Dpl-III/V/2010, tanggal 30 April 2010. Pada reakreditasi Program Studi D3 Lalu Lintas Udara tahun 2015 mendapatkan peringkat B sesuai Nomor SK BAN-PT No.0100/SK/BAN- PT/Akred/DiplIII/III/2016. Program Studi D3 Lalu Lintas Udara melakukan reakreditasi kembali pada tanggal 6 maret 2021 sesuai dengan sertifikat akreditasi yang diterbitkan oleh BAN-PT Nomor SK 1335/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/III/2021 mendapatkan peringkat akreditasi B yang berlaku hingga 6 maret 2026

Akreditasi Program Studi

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Dalam rangka mewujudkan program studi yang berkualitas dan bermutu serta sejalan dengan visi institusi Politeknik Penerbangan Surabaya , Program studi D3 Lalu Lintas Udara memiliki visi keilmuan yaitu ” Mewujudkan program studi yang berkualitas dan  bermutu  serta  sejalan  dengan  visi institusi Politeknik Penerbangan Surabaya , Program Studi Lalu Lintas Udara memiliki visi untuk Menjadi institusi pendidikan vokasi tingkat madya yang unggul dalam bidang lalu lintas udara dan turut berperan serta dalam usaha memajukan dunia penerbangan Indonesia.”

Misi

  • Dalam mewujudkan visi program studi maka perlu disusukan beberapa langkah, maka Misi Program studi D3 Lalu Lintas Udara adalah:
  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayanan Lalu Lintas Udara dengan berlandaskan ilmu pengetahuan dan kompetensi dunia penerbangan berstandar internasional yang menghasilkan lulusan yang cakap, professional, dan berintegritas tinggi;
  • Melaksanakan penelitian di bidang pelayanan lalu lintas udara untuk mengembangkan iptek, menghasilkan karya inovatif, visioner, dan monumental;
  • Menyelenggarakan pengabdian masyarakat untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat disekitar politeknik penerbangan surabaya pada umumnya dan masyarakat penerbangan secara luas;
  • Membangun kerjasama produktif dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan mutu akademik, kompetensi lulusan, dan penguatan sumber daya.

Tujuan Program Studi

  • Menghasilkan lulusan dengan kompetensi pemandu lalu lintas udara berintegritas tinggi, berbudi luhur, berkompeten dan professional dalam menjalankan tugasnya serta mampu berkompetisi pada era globalisasi;
  • Menghasilkan luaran penelitian di bidang  lalu  lintas  udara  yang  memberikan sumbangan dalam keilmuan dan teknologi;
  • Menghasilkan luaran pengabdian masyarakat yang memiliki kontribusi intelektual dosen sesuai dengan kompetensi yang dimiliki;
  • Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak pemangku kepentingan terutama dalam pengembangan IPTEK dan aplikasinya.

Sertifikat Kompetensi Lulusan

Sertifikat Kompetensi Utama

  • Aerodrome Control Tower Training;
  • Approach Control Procedural training;
  • Area Control Procedural training;
  • ICAO English Languange Proficiency.

Sertifikat Kompetensi Tambahan

  • Basic Internet of Things;
  • Basic Web Design;
  • Basic Performance Based Navigation (PBN);
  • Basic Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3);
  • TOEIC.

Profil Kompetensi Lulusan

Deskripsi Profil:

  • Mampu mengelola pergerakan pesawat udara di ruang udara yang ditentukan sesuai dengan standar dan prosedur internasional (ICAO).
  • Melaksanakan pelayanan lalu lintas udara, termasuk aerodrome control, approach control, dan area control.
  • Mengoperasikan peralatan komunikasi, navigasi, dan pengawasan udara (CNS) secara efektif.

Deskripsi Profil:

  • Memahami dan menerapkan standar keselamatan penerbangan dalam setiap aspek tugas pengelolaan lalu lintas udara.
  • Menangani situasi darurat (emergency procedures) dengan prosedur yang tepat dan cepat.

Deskripsi Profil:

  • Menguasai regulasi penerbangan nasional (CASR) dan internasional (ICAO SARPs).
  • Memastikan pelaksanaan tugas sesuai dengan kode etik profesi dan peraturan keselamatan penerbangan sipil.

Deskripsi Profil:

  • Mampu mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko operasional lalu lintas udara.
  • Menyusun strategi mitigasi risiko untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Deskripsi Profil:

  • Mengoperasikan sistem otomatisasi pelayanan lalu lintas udara seperti radar, ADS-B, dan CPDLC.
  • Mengelola data penerbangan menggunakan perangkat lunak modern dan teknologi informasi terkini.

Deskripsi Profil:

  • Mengoperasikan sistem otomatisasi pelayanan lalu lintas udara seperti radar, ADS-B, dan CPDLC.
  • Mengelola data penerbangan menggunakan perangkat lunak modern dan teknologi informasi terkini.

Deskripsi Profil:

  • Mampu membuat keputusan cepat dan tepat dalam kondisi darurat atau situasi kritis.
  • Mengelola prioritas operasional penerbangan secara efisien sesuai dengan prinsip keselamatan dan layanan.

Deskripsi Profil:

  • Memiliki sikap profesional, tanggung jawab tinggi, dan komitmen terhadap keselamatan serta efisiensi penerbangan.
  • Beradaptasi dengan perkembangan teknologi, regulasi, dan kebutuhan industri penerbangan melalui pembelajaran sepanjang hayat.

Peluang Karir

  • Air Traffic Controller (ATC) di unit Tower, Approach, atau Area Control Center (ACC).
  • Operational Planner dalam manajemen lalu lintas udara.
  • Instruktur di bidang lalu lintas udara.
  • Safety Officer di industri penerbangan.
  • Konsultan atau auditor layanan lalu lintas udara.

Laboratorium

Laboratorium ATC Simulator

Mata Kuliah:

  • Aerodrome Control Procedure

Laboratorium Approach Control Procedural

Mata Kuliah:

  • Approach Control Procedures;
  • Area Control Procedures.