Program Studi D3 Lalu Lintas Udara

Sejarah Unit Program Studi

Program Studi D3 Lalu Lintas Udara merupakan salah satu Program Studi Diploma khusus di bidang penerbangan yang mempelajari tentang manajemen Lalu Lintas Udara dan Pemanduan Lalu Lintas Udara. Studi D3 Lalu Lintas Udara didirikan pada tanggal 10 Maret 2016 dengan Nomor SK pendirian program studi No. 123/KPT/2016.. Program Studi D3 Lalu Lintas Udara mendapatkan peringkat akreditasi B dengan kode program studi 39404 sesuai Nomor SK BAN-PT No. 002/BANPT/Ak-X/Dpl-III/V/2010, tanggal 30 April 2010. Pada reakreditasi Program Studi D3 Lalu Lintas Udara tahun 2015 mendapatkan peringkat B sesuai Nomor SK BAN-PT No.0100/SK/BAN- PT/Akred/DiplIII/III/2016. Program Studi D3 Lalu Lintas Udara melakukan reakreditasi kembali pada tanggal 6 maret 2021 sesuai dengan sertifikat akreditasi yang diterbitkan oleh BAN-PT Nomor SK 1335/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/III/2021 mendapatkan peringkat akreditasi B yang berlaku hingga 6 maret 2026.

Visi, Misi, Tujuan, Strategi, dan Tata Nilai

Visi, Misi , Tujuan, Strategi dan Tata Nilai dari Politeknik Penerbangan Surabaya adalah sebagai berikut:

Visi :

“Menjadi perguruan tinggi kelas dunia yang professional dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di industry penerbangan nasional maupun internasional”.

Misi Politeknik Penerbangan Surabaya

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang penerbangan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memenuhi standar kompetensi baik nasional maupun internasional.
  2. Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam mendukung penyelenggaraan layanan pendidikan.
  3. Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan vokasi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan.
  4. Menyelenggarakan dan mewujudkan profesionalisme guna pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Tujuan :

  1. Terwujudnya lulusan yang mempunyai sertifikat kompetensi sesuai standar nasional dan internasional
  2. Terciptanya lulusan Sumber Daya Manusia transportasi udara yang memiliki daya saing tinggi di lingkup nasional dan internasional
  3. Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan sesuai dengan program studi yang dilaksanakan.
  4. Meningkatnya jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang berkompeten.

Sasaran Strategis

Sasaran Strategis Politeknik Penerbangan Surabaya, yaitu:

  1. Meningkatnya Kompetensi lulusan diklat transportasi yang berdaya saing.
  2. Terwujudnya kemandirian dan profesionalisme lembaga melalui kerjasama dan kemitraan
  3. Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pemberdayaan masyarakat yang sesuai standar
  4. Meningkatnya Pemenuhan Kurikulum silabi yang berbasis kompetensi dan sesuai perkembangan IPTEK
  5. Meningkatnya Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Diklat Transportasi yang kompeten
  6. Meningkatnya Pemenuhan Kebutuhan Fasilitas Sarana & Prasarana dan sistem informasi yang memenuhi Standar Diklat Transportasi
  7. Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja dan Anggaran BPSDMP

Indikator Kinerja Utama

  1. Jumlah (Peserta/sertifikat) Diklat Transportasi
  2. Persentase Lulusan Diklat Transportasi yang bersertifikat kompetensi
  3. Persentase penyerapan lulusan diklat transportasi pembentukan
  4. Presentase dokumen kerjasama dengan lembaga pemerintah/ swasta nasional atau asing yang telah dilaksanakan
  5. Jumlah Penelitian oleh tenaga pengajar yang dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional
  6. Jumlah Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan di sekitar lembaga diklat
  7. Prosentase pelanggan yang memberikan nilai puas (≥3) terhadap pelayanan diklat transportasi Udara
  8. persentase modul/bahan ajar Diklat Transportasi Udara yang telah di reviu sesuai kebutuhan industri sektor transportasi
  9. Presentase Tenaga Pendidik yang memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidang yang diajarkan
  10. Presentase Peningkatan Kompetensi Tenaga Kependidikan
  11. Jumlah sarana diklat Transportasi berbasis teknologi tinggi
  12. Jumlah prasarana baru diklat transportasi yang dibangun
  13. Persentase utilitas pemanfaatan sarana dan prasarana diklat SDM Perhubungan Udara yang berbasis teknologi tinggi/ mutakhir
  14. Persentase Sistem Informasi yang di update dan dapat di akses
  15. Nilai AKIP BPSDM Perhubungan (nilai)
  16. Tingkat Penyerapan Anggaran BPSDM Perhubungan (%)
  17. Nilai Pencapaian Tingkat Maturitas SPIP

Tata Nilai :

Penetapan visi Politeknik Penerbangan Surabaya merujuk pada visi organisasi pembina, yakni BPSDM Kementerian Perhubungan yang memiliki Visi Ideal sebagai berikut ““BPSDM Perhubungan yang berupaya Mewujudkan Terpenuhinya SDM Transportasi yang maju, mandiri, kompeten, berdaya saing dan memberikan nilai tambah dalam mewujudkan konektivitas nasional untuk mendukung Visi dan Misi Kementerian Perhubungan: Konektivitas Nasional Yang Handal, Berdaya Saing Dan Memberikan Nilai Tambah””. Dari Visi Ideal ini, BPSDM Perhubungan bersama stakeholder terkait kemudian merumuskan Visi 2020 – 2024.

Akreditasi Program Studi