Program Studi D3 Teknik Listrik Bandar Udara merupakan salah satu Program Studi
Diploma khusus di bidang penerbangan yang mempelajari tentang sistem kelistrikan
di bandar udara dan sistem kelistrikan secara umum. Program Studi Diploma Teknik
Listrik Bandar Udara didirikan pada tanggal 30 September 1999 dengan Nomor SK
pendirian program studi No. 2502/D/T/1999. Sedangkan izin operasional
penyelenggaraan Program Studi Diploma Teknik Teknik Listrik Bandar Udara sesuai
dengan SK No. 457/DL.003/Diklat-2003 tanggal 01 Mei 2003.
Nomor SK BAN-PT No. 002/BANPT/Ak-X/Dpl-III/V/2010, 30 April 2010
akreditasi C.
Nomor SK BAN-PT No.0100/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/III/2016, 6 maret 2021
akreditasi B .
Nomor SK 1335/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/III/2021 akreditasi B yang berlaku
hingga 6 maret 2026.
Akreditasi Program Studi
Visi dan Misi Program Studi
Visi
Menjadi program studi unggul berstandar global dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik listrik bandara untuk mendukung operasional penerbangan yang andal, melalui penguasaan keterampilan dalam pengoperasian, pemeriksaan, perawatan, dan perbaikan sistem kelistrikan bandara secara berurutan, profesional dan bertanggung jawab guna menjaga keberlangsungan layanan serta keselamatan penerbangan.
Misi
- Melaksanakan Pendidikan tinggi Teknik Listrik Bandara yang berwawasan internasional;
- Mengembangan sikap dan karakter yang berbudi luhur, berdisiplin, dan bisa berkerja dalam team;
- Mengembangkan live laboratory untuk mendukung system pembelajaran berbasis project;
- Melaksanakan penelitian dasar berkualitas sebagai dasar mengembangkan kemampuan analisa ilmiah, meningkatkan affective domain, decision maker, pola pikir kepemimpinan yang objektif, dan komprehensif;
- Menerapkan ilmu pengetahuan listrik bandara mengembangkanya dalam bentuk penelitian melalui teknologi tepat guna yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat;
- Senantiasi berkolaborasi dengan stakeholder untuk menyelenggarakan pendidikan Teknik Listrik Bandara yang dinamis, terbaru sesuai perkembangan teknologi industri terkini;
- Meningkatkan kualitas output penelitian internasional yang terindex dan bereputasi;
- Meningkatkan kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat baik dalam dan luar negeri;
- Mengembangkan pendidikan kelistrikan industri umum non penerbangan selain kelistrikan kebandarudaraan yang merupakan ciri khas dari Program Studi D3 Teknik Listrik Bandara.
Tujuan dan Misi Program Studi
Tujuan
- Menyelenggarakan pendidikan perawatan dan operasi kelistrikan secara umum dan kelistrikan bandara secara khususnya, dengan aktif dan kondusif sesuai dengan prosedur, kompetensi, standard keselamatan kerja dan standar internasional yang telah ditetapkan;
- Menghasilkan lulusan yang memiliki :
- Keterampilan teknis, meliputi kemampuan mengoperasikan, memelihara merawat, memperbaiki, menganalisa gangguan/kerusakan, merencanakan/desain pemasangan serta mengevaluasi kinerja fasilitas dan mekanisme perawatan system kelistrikan bandara untuk menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kelancaran penerbangan;
- Keahlian profesi, meliputi kemampuan dan pengetahuan teknis dan non teknis terkait profesi yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian nasional minimal 1 buah;
- Dedikasi dan integritas, berupa komitmen dan integritas tinggi terhadap kualitas, waktu, dan kemampuan memahami tanggung jawab etika, sosial, dan profesi;
- Kemampuan komunikasi dan sosialisasi, meliputi berkomunikasi efektif, baik secara lisan maupun tertulis di dalam profesinya, kemampuan bekerja efektif di dalam tim, serta rasa hormat terhadap perbedaan dan pengetahuan profesi, kontemporer, masalah sosial dan global;
- Kesadaran akan kebutuhan suatu kemampuan untuk belajar seumur hidup.
Sasaran
- Terciptanya Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Listrik Bandara yang mampu berbuat dan bersikap positif secara mandiri dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan standar yang telah dimiliki yang relevan dengan kebutuhan masyarakat;
- Peningkatan hubungan kerja sama dalam optimalisasi dan pemecahan permasalahan dalam bidang penerbangan dengan pemerintah, industri maupun stakeholder terkait;
- Meningkatkan kualitas dan minat dalam penelitian dan pengembangan pengetahuan di bidang listrik bandar udara baik dosen maupun mahasiswa yang akan memperkaya ilmu pengetahuan dan mengembangkan potensi dalam bidang penerbangan;
- Terciptanya lulusan Program Studi D3 Teknik Listrik Bandara yang memiliki integritas ilmiah yang tinggi, wawasan dan kemampuan dasar keilmuan serta keterampilan teknis yang diperlukan serta dapat bersaing di dunia kerja sesuai dengan kemampuan dasar keilmuan yang dimiliki.Mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian terapan di bidang kelistrikan dan teknologi penerbangan.
Sertifikat Kompetensi Lulusan
Bidang Listrik
- Generator Set dan Automatic Change Over
Switch (ACOS) Tk. Terampil dan Tk. Ahli (Initial
dan Refreshment) - Transmisi dan Distribusi (TRD) Tk. Terampil dan
Tk. Ahli (Initial dan Refreshment) - Airfileld Lighting System (ALS) Tk. Terampil dan
Tk. Ahli (Initial dan Refreshment) - Uninterruptible Power Supply (UPS) dan
Renewable Energy (Pembangkit Listrik Tenaga
Surya) Tk. Terampil dan Tk. Ahli (Initial dan
Refreshment)
Bidang Mekanik
- Air Conditioning System (ACS) Tk. Terampil dan Tk.
Ahli (Initial dan Refreshment) - Traction Equipment (TQM) Tk. Terampil dan Tk. Ahli
(Initial dan Refreshment) - Water and Pump System (WPS) Tk. Terampil dan Tk.
Ahli (Initial dan Refreshment) - Alat Alat Besar dan Kendaraan Pertolongan
Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran/
PKP-PK (A2B) Tk. Terampil dan Tk. Ahli (Initial dan
Refreshment)
Tambahan
- Program Logic
Controller (PLC); - Mikrokontroller
Profil Kompetensi Lulusan
- Mampu melaksanakan proses instalasi sistem transmisi distribusi, sistem catu daya cadangan kelistrikan, sistem pemanduan pendaratan dan lepas landas pesawat udara, sistem otomasi, UPS dan energy terbarukan (renewable energy) sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku;
- Mampu mengoperasikan dan memelihara peralatan kelistrikan bandar udara meliputi sistem transmisi distribusi, sistem catu daya cadangan kelistrikan, sistem pemanduan pendaratan dan lepas landas pesawat udara, sistem otomasi, UPS dan energy terbarukan (renewable energy);
- Mampu meningkatkan kinerja atau mutu suatu proses kajian sistem transmisi distribusi, sistem catu daya cadangan kelistrikan, sistem pemanduan pendaratan dan lepas landas pesawat udara, sistem otomasi, UPS dan energi terbarukan (renewable energy) sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku;
- Mampu mengidentifikasi, menemukan akar masalah dan memperbaiki transmisi distribusi, sistem catu daya cadangan kelistrikan, sistem pemanduan pendaratan dan lepas landas pesawat udara, sistem otomasi, UPS dan energi terbarukan (renewable energy) berdasarkan pada analisis data, aturan, referensi, dan sesuai peraturan yang berlaku;
- Mampu menggunakan teknologi terkini yang tersedia dalam transmisi distribusi, sistem catu daya cadangan kelistrikan, sistem pemanduan pendaratan dan lepas landas pesawat udara, sistem otomasi, UPS dan energi terbarukan (renewable energy); dan
- Mampu mengkritik Prosedur Operasional Baku (POB) dalam penyelesaian masalah sistem operasi dan pemeliharaan kelistrikan bandar udara, yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah
Laboratorium
Laboratorium Listrik

Mata Kuliah
- Rangkaian Listrik DC
- Rangkaian Listrik AC
- Instrumentasi dan Pengukuran
Airfield Lighting Simulator

Mata Kuliah
- Sistem Alat Bantu Pendaratan
Visual
Laboratorium Machinary

Mata Kuliah
- Teknologi Mekanik
Laboratorium Elektronika Daya

Mata Kuliah
- Fisika Teknik
- Elektronika
- Elektronika Daya
- Teknik Digital
- Kendali Logika Terprogram
- Otomatisasi Bandara
- Sistem Mikrokontroller
Laboratorium Instalasi Listrik

Mata Kuliah
- Instalasi Listrik Penerangan
dan Tenaga
Laboratorium General Workshop

Mata Kuliah
- Teknologi Mekanik
Laboratorium Mesin

Mata Kuliah
- Mesin listrik
Mesin Penggerak Utama
Laboratorium MPH & TRD

Mata Kuliah
- Transmisi dan Distribusi
- Sistem Catu Daya Listrik
Bandara - Analisa Sistem Tenaga Listrik
- Konversi Energi listrik dan
Energi Terbarukan
Laboratorium ACOS

Mata Kuliah
- Generator Set dan Saklar
Pengganti Otomatis
Kurikulum
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Dosen Pengajar Berdasarkan DTPS

Lektor Kepala
NIP. 19610727 198303 1 001
Pembina Tk.I (IV/b)
NIDN: 4227076101

Lektor Kepala
NIP. 19630408 198902 1 001
Pembina Tk.I (IV/b)
NIDN: 4208046301

Dr. Ir. Setyo Hariyadi S.P., ST, MT
Lektor Kepala
NIP. 19790824 200912 1 001
Pembina (IV/a)
NIDN. 4224087901

Dr. Suyatmo, ST, MT, M.Pd
Lektor Kepala
NIP. 19630510 198902 1 001
Pembina Utama Muda (IV/c)
NIDN. 9900999592

Lektor
NIP. 19810629 200912 1 002
Penata Tk. I (III/d)
NIDN: 4229068101

Dr. Ir. Gunawan Sakti, ST, MT
Lektor
NIP. 19881001 20012 1 003
Penata (III/c)
NIDN. 4201108801

Lektor
NIP. 19850709 200912 2 005
Penata Tk.I (III/d)
NIDN : 4209078501

Lektor
NIP. 19690420 199103 1 004
Penata Tk.I (III/d)
NIDN: 4220046901

Dr. Willy Artha Wirawan, ST, MT
Lektor
NIP. 19930718 202312 1 025
XII
NIDN. 4218079301

Asisten Ahli
NIP. 19870224 202203 1 003
Penata Muda Tk. I (III/b)
NIDN: 0524028703
Presentase Responden Pemahaman VMTS
Jumlah Responden yang pernah membaca VMTS dan responden media informasi VMTS melalui web sebanyak = 367 Responden